Senin, 16 April 2012

Pivot Table pada Excel



Apa itu Pivot Table? sebagian besar lulusan ilmu komputer pun kadang tidak tahu apa itu pivot. Ini pengalaman saya ketika saya test interview kerja di Telkomsel. Nyatanya teman-teman saya sekantor pun sebelumnya juga tidak mengenal Pivot. Ternyata begitu besarnya manfaat pivot table dalam excel ini untuk memudahkan pekerjaan.

Pivot Table digunakan untuk memilah atau meng-querykan data yang begitu kompleks sehingga kita bisa dengan leluasa untuk memilih mana saja yang ingin kita ambil variabelnya sesuai kebutuhan. Pivot tak sekedar memilah data, pivot juga berfungsi untuk membuat chart yang fleksibel sehingga dapat di ubah-ubah variabelnya.
misalkan saya punya data mahasiswa seperti ini:



Untuk menggunakan pivot, klik saja sembarang pada tabel tersebut. Kemudian pilih Insert – Pivot Table, akan muncul pop seperti ini:



Pilih Existing Worksheet, kemudian letakan kursor ke tempat yang diinginkan. Jika ingin disebelah tabel tersebut klik saja di sampingnya. Setelah muncul pivot tabel yang belum jadi, langkah selanjutnya adalah klik daerah pivot tersebut, lihat sebelah kanan ada window untuk kita mengatur variabel kolom, row, value, dan filternya.




Pada tabel di atas, saya ingin melihat nilai (values) mahasiswa berdasarkan nama (row labels) yang di filter (reprot filter) berdasarkan kelasnya, pada contoh di atas saya ambil kelas 3A saja. Begitulah fleksibelnya pivot, kita bisa mengatur variabel yang diinginkan dengan mudah.

2 komentar:

  1. saya malah baru tahu awal tahun 2017 ini. Haha..
    saya lebih telat..
    tapi terimakasih infonya..

    BalasHapus