Apa itu Pivot Table? sebagian besar lulusan ilmu komputer
pun kadang tidak tahu apa itu pivot. Ini pengalaman saya ketika saya test
interview kerja di Telkomsel. Nyatanya teman-teman saya sekantor pun sebelumnya
juga tidak mengenal Pivot. Ternyata begitu besarnya manfaat pivot table dalam
excel ini untuk memudahkan pekerjaan.
Pivot Table digunakan untuk memilah atau meng-querykan data
yang begitu kompleks sehingga kita bisa dengan leluasa untuk memilih mana saja
yang ingin kita ambil variabelnya sesuai kebutuhan. Pivot tak sekedar memilah
data, pivot juga berfungsi untuk membuat chart yang fleksibel sehingga dapat di
ubah-ubah variabelnya.
misalkan saya punya data mahasiswa seperti ini:
Untuk menggunakan pivot, klik saja sembarang pada tabel
tersebut. Kemudian pilih Insert – Pivot Table, akan muncul pop seperti ini:
Pilih Existing Worksheet, kemudian letakan kursor ke tempat
yang diinginkan. Jika ingin disebelah tabel tersebut klik saja di sampingnya.
Setelah muncul pivot tabel yang belum jadi, langkah selanjutnya adalah klik
daerah pivot tersebut, lihat sebelah kanan ada window untuk kita mengatur
variabel kolom, row, value, dan filternya.
Pada tabel di atas, saya ingin melihat nilai (values)
mahasiswa berdasarkan nama (row labels) yang di filter (reprot filter)
berdasarkan kelasnya, pada contoh di atas saya ambil kelas 3A saja. Begitulah
fleksibelnya pivot, kita bisa mengatur variabel yang diinginkan dengan mudah.
Sumber : kutukomputer.com
begitu ya, mirip filter
BalasHapussaya malah baru tahu awal tahun 2017 ini. Haha..
BalasHapussaya lebih telat..
tapi terimakasih infonya..